Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2021
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Kelas X baru Tahun Pelajaran 2021-2022 telah dilaksanakan tanggal 12-16 Juli 2021. Tema pelaksanaan MPLS tahun ini adalah “Mengembangkan Potensi Siswa Berkarakter, Menyenangkan, dan Bersahabat Secara Maksimal dari Rumah”. Sama dengan pelaksanaan MPLS tahun lalu di masa pandemi COVID-19 dan mengikuti pemberlakuan PPKM Darurat, maka MPLS tahun ini dilaksanakan secara daring sepenuhnya. Peserta MPLS dibagi menjadi 11 gugus, dan akan didampingi oleh kakak-kakak OSIS.
Hari pertama, Senin 12 Juli 2021 diawali dengan acara pembukaan yang diresmikan oleh Bapak Kepala Sekolah melalui platform Zoom Meeting. Di dalam acara pembukaan tersebut, sekaligus memperkenalkan Bapak/Ibu Guru yang akan mendampingi mereka dalam pembelajaran hingga tiga tahun ke depan. Selanjutnya, Peserta Didik baru menerima materi Pengenalan Lingkungan dan Fasilitas Sekolah melalui pemutaran video. Materi terakhir di hari pertama adalah materi Mengenal Jati Diri Bangsa, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, dan Anti Radikalisme. Materi ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa, serta membentengi mereka dari paham-paham radikal yang mampu menggoyahkan stabilitas bangsa.
Hari kedua, Peserta Didik mengikuti pembelajaran materi Tata Krama dan Etika Pergaulan. Hal ini penting juga sebagai bekal Peserta Didik dalam berperilaku dan bertutur kata terhadap guru, orang tua, maupun masyarakat lainnya, serta bagaimana cara bergaul dengan teman sebayanya. Materi kedua adalah Anti Narkoba dan Anti Pornografi. Materi ketiga sebagai materi refreshing, yaitu Pengenalan OSIS dan Ekstrakurikuler. Terdapat 14 ekskul yang melakukan promosi dengan memutar video performance dan menampilkan berbagai prestasi yang telah diraih.
Hari ketiga diawali dengan pembekalan materi Motivasi Belajar. Dalam materi ini, dijelaskan bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan motivasi Peserta Didik, baik yang sifatnya intrinsik maupun ekstrinsik. Selanjutnya materi Kenakalan Remaja, Anti-Bullying, dan Cyber Crime. Mereka, anak-anak milenial harus dibekali dengan materi ini, terlebih di masa pandemi saat ini, dimana interaksi mereka hanya melalui dunia maya. Mereka harus bijak dalam menggunakan media sosial. Materi terakhir yaitu Pengenalan Lagu Kebanggaan TRIMURTI Senior High School. Mereka diminta mengumpulkan video menyanyikan lagu tersebut melalui Google Classroom.
Hari keempat diawali dengan materi Sosialisasi Kurikulum TRIMURTI Senior High School, untuk memberikan pandangan bagi Peserta Didik seperti apa sistem pembelajaran di TRIMURTI, apa saja mata pelajaran yang akan dipelajari, tugas apa saja yang harus dipenuhi, dan sebagainya. Selanjutnya, peserta MPLS mengikuti Webinar dengan tema Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA, yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Badrut Tamam, S.Pd., M.Sc, Dosen Universitas Muhammadiyah Lamongan. Selain bertujuan untuk mengenalkan program rutin sekolah, juga untuk memberi bekal dalam menyelesaikan tugas membuat karya tulis nantinya. Materi ketiga adalah materi Pencegahan COVID-19 dan Kesehatan Remaja. Peserta senantiasa dihimbau untuk menjaga kesehatan dalam masa pandemi yang dewasa ini mengalami peningkatan kasus yang sangat tajam, dan selalu menerapkan protokol kesehatan.
Hari terakhir, Jumat 16 Juli 2021, Sekolah mengundang Orang tua/wali Peserta Didik dalam acara Parenting dan Penutupan MPLS secara daring. Terdapat pemaparan sosialisasi program sekolah yang disampaikan langsung oleh Bapak Kepala Sekolah dan presentasi dari beberapa rekanan. Sebelum ditutup, ada pengumuman tiga peserta terbaik MPLS 2021. Penilaiannya diambil dari keaktifan selama mengikuti rangkaian kegiatan dan dari nilai tugas-tugas. Peserta MPLS yang dinobatkan sebagai Peserta Terbaik 1 ialah Dimas Abdillah (gugus 3), Terbaik 2 ialah Daryl Alfaraby (gugus 1), dan Terbaik 3 ialah Ysabelle Alexa (gugus 10). Terakhir, MPLS tahun ini ditutup oleh Bapak Kepala Sekolah, dengan ucapan “Selamat bergabung dengan TRIMURTI Senior High School. Let’s build history with character”.